Top Search for Beauty Issue

Pada awalnya saya membuat blog ini untuk menggugah kesadaran perempuan terhadap isu kecantikan beserta industrinya. Karena industri kecantikan bernilai sangat besar  seiring dengan terbukanya akses terhadap media yang menciptakan ‘snow white-like images’ pada wanita di hampir seluruh dunia.Industri kecantikan sangat menguntungkan di satu pihak (tentunya pengusaha) dan korban yang tidak sedikit di sisi konsumen.

Setelah beberapa bulan saya menjalankan blog ini, saya perhatikan kesadaran perempuan terhadap isu kesehatan yang terkait dengan kecantikan sudah mulai meningkat. Perempuan lebih kritis untuk memilih produk-produk kecantikan dari sisi legal, fungsi dan efeknya bagi kesehatan. Namun tidak sedikit juga perempuan yang masih mencari-cari cara yang instan untuk cantik dengan cara suntik silikon, suntik putih, bleaching instan, dll.

Terlepas dari dua kutub yang saling berlawanan di atas ‘yang kritis dan yang ceroboh’ – perempuan tetap saja belum berhenti berkhayal jadi putri yang cantik dan jadi pujaan semua laki-laki. Benarkah ?

Inilah daftar yang paling dicari di blog ini selama 2-3 bulan :

w-ii navores 212
w ii navores 186
navores 155
navores whitening cream 111
wii navores 78
pemutih ketiak 77
kosmetik beracun 74
bedah vagina 60
w-11 navores 59
operasi plastik 57
kosmetik berbahaya 55
lipstik berbahaya 50
mascara berbahaya 50
krim malam 49
pencemaran pestisida 48
kosmetik 43
plastic surgery disasters 39
ponds berbahaya 38
too much makeup 35
operasi plastik michael jackson 32
krim malam yang bagus 29
kantung mata 29
navores whitening 29
kosmetik palsu 29
pubic 28
worst cosmetics 27

(tidak semua dimasukkan, karena terlalu panjang…)

Isu pemutih ternyata masih menjadi top search sejak blog ini dipublish. Tidak heran kalau bisnis pemutih jadi bisnis bernilai ratusan miliar dollar di dunia.

Walaupun belum pernah terjadi perempuan menjadi putih permanen -secara sehat lho!- karena menggunakan produk tertentu, tetap saja produk pemutih laku berat di pasaran.

Menurut saya isu pemutih kulit bukan sekedar isu kecantikan tapi menyangkut isu budaya dan  Body Image. Ini tentang bagaimana cara perempuan mencitrakan dirinya. Kalau saya menganggap kulit sawo matang itu cantik, saya gak perlu buang duit beli pemutih kan ? Jadi, apakah perempuan menganggap dirinya kurang bening ? kurang langsing ? kurang mulus ? kurang cantik ?

Wise Quote :

Ladies, You are fearfully and wonderfully made. For you are my treasured possession. (From God Almighty🙂 )

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.